Monday, May 28, 2012

Ada masalah apa dengan bahasa kami??


"Ayu-ayu kok ngmonge ra nggenah (NGAPAK)..."

Nyeseeeeeeekkkkk.... banget rasanya pas denger langsung temen deket sendiri ngomong gitu. Jadi muncul pertanyaan, emang apa sih salahnya bahasa kami? ANEH? KASAR? KAMPUNGAN??? Ya, kalo dibandingin bahasa kalian emang bahasa kami lebih kasar, tapi bukan berarti bahasa kalian lebih baik dong. Pun demikian sebaliknya.

Okey, kalo masih ada di antara kalian yang berpikiran bahwa bahasa kalian lebih bagus. Let me tell you one thing kalo gitu.
Coba deh inget-inget adegan-adegan di sinetron-sinetron kesayangan ibu bapak kita. Familiar dengan dialek yang digunain para pembantu dan tukang jamu? That's  yours. hhhhmmm... tha's interesting. Buat memperjelas lagi, let me tell you one more example. Pernah liat FTV di stasiun TV tercinta kita yang settingnya di Jogja dong? Nyadar gak sih kalo settingnya di Jogja tu penggambaran kota Jogja sendiri biasanya identik dengan kota tua dengan transportasi delman dan becak (kalopun mobil biasanya mobil-mobil jadul gitu), ayem tentrem dengan orang-orang yang ramah dan (maaf) ndeso. See what I mean?. Kalian tersinggung? Baguslah kalo kalian tersinggung.

Eitsss... Jangan keburu marah dan ambil golok dulu. Hehe

Di sini aku ngomong gini bukannya bermaksud untuk menghina, melecehkan, atau bahkan mengadu domba di antara kita kok. Di sini, aku cuma pengen kalian tau rasanya tersinggung dan dikucilkan karena masalah bahasa. Ya, karna itu yang kami rasain selama kami tinggal di sini, di rumah kalian. Huhuu..

Sekedar info
Kalian tau kenapa para cendekia negeri kita terdahulu gak milih bahasa daerah seperti jawa, sunda, betawi, melayu atau lainnya untuk dijadiin bahasa negeri kita?
Salah satu alasannya yaitu untuk mencegah adanya anggapan bahwa suatu bahasa lebih baik dari bahasa yang lainnya.

We can conclude, then..
Bahasa kita sama sama-sama ga ada yang jelek, yang membedakan hanyalah karakter dan keunikannya sendiri-sendiri.

SO, STOP THINKING ABOUT YOUR LANGUAGE IS BETTER THAN THE OTHERS.. ^_^

I love Jogja and I love the people too.. :*

_=MW=_ 

0 comments:

Post a Comment